Contoh Skripsi “PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI SISWA”

Contoh Skripsi “PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI SISWA” - Contoh skripsi tentang pengaruh perkembangan teknologi terhadap prestasi siswa yang selama ini jadi momok dari fikiran atau pendidikan anak pada jaman yang semakin maju ini. Ini ada contoh skripsinya: 


HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN PRESTASI SISWA DI SMAN 2 BARRU

KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI PRASYARAT KELULUSAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER GENAP 2012/2013

OLEH: SYAIFUL
NIS 11048
SMA NEGERI 2 BARRU
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BARRU
2013 


HUBUNGAN ANTARA PRESTASI SISWA DENGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI DI SMAN 2 BARRU

BAB I :
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Pasal 31 ayat (1) telah mengamanatkan bahwa setiap  warga  negara berhak untuk mendapatkan pendidikan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional karena merupakan salah satu penentu kemajuan bagi suatu  negara  (Sagala,  2006). 

Pendidikan  bahkan  merupakan  sarana  paling efektif untuk meningkatkan kualitas hidup dan derajat kesejahteraan masyarakat, serta  yang  dapat  mengantarkan  bangsa  Indonesia  mencapai  kemakmuran. Dengan adanya pendidikan maka seseorang akan dapat meraih suatu prestasi. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai seseorang dalam melakukan kegiatan. Gagne (1985:40) menyatakan bahwa prestasi belajar dibedakan menjadi lima aspek, yaitu: kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap dan keterampilan. Menurut Bloom dalam Suharsimi Arikunto (1990:110) bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

Prestasi merupakan kecakapan atau hasil kongkrit yang dapat dicapai pada saat atau periode tertentu. Berdasarkan pendapat tersebut, prestasi dalam penelitian ini adalah hasil yang telah dicapai siswa dalam proses pembelajaran.

Semakin banyak prestasi seseorang maka semakin tinggi daya saingnya dengan orang lain. Dengan prestasi yang lebih tinggi maka tingkat pendidikan suatu negara dapat dikategorikan telah maju. Oleh karena itu, pemerintah menjadikan bidang pendidikan sebagai agenda penting dalam pembangunan nasional sekaligus menjadi prioritas utama dalam rencana kerja pemerintah. (Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Pelayanan Pendidikan Yang Lebih Berkualitas : www.google.com).

Pembangunan bidang pendidikan bertujuan menghasilkan manusia Indonesia seutuhnya yang dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila. Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) selaku penanggung jawab sistem pendidikan nasional  berkewajiban  untuk  mewujudkan  cita-cita  luhur  tersebut. Sebagai langkah awal, Depdiknas menyusun Rencana Strategis (Renstra) Pembangunan

Pendidikan Nasional.
Renstra Departemen Pendidikan Nasional mencakup visi, misi, tujuan, kebijakan pokok, program jangka menengah, dan indikator kunci kinerja. Renstra Depdiknas menetapkan tiga pilar kebijakan pendidikan nasional, yaitu: (1) Perluasan dan pemerataan akses pendidikan; (2) Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan, dan (3) Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik pendidikan. (Renstra Pendidikan 2004-2009).

Dalam rangka mewujudkan cita-cita pendidikan nasional, sampai saat ini Pemerintah   masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan,     baik permasalahan yang bersifat internal maupun eksternal, seperti tingkat kualitas pendidik yang belum memenuhi standar mutu, sarana dan prasarana sekolah yang masih kurang memadai serta.


B.   RUMUSAN MASALAH

Bagi semua sekolah, meningkatkan prestasi siswanya adalah tujuan utama dalam melaksanakan proses pembelajaran. Oleh karena itu, setiap sekolah menempuh cara-cara yang berbeda agar dapat meraih prestasi yang lebih gemilang asalkan tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.
Bertitik tolak dari hal tersebut diatas, maka dirumuskan masalah pokok yang perlu mendapat kajian secara mendalam yaitu “BAGAIMANA PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI SISWA DI SMAN 2 BARRU ?“

C.   TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi terhadap prestasi siswa di SMAN 2 BARRU.

D.   MANFAAT PENELITIAN
Adapun manfaat penelitian ini terdiri dari manfaat praktis dan manfaat teori yang akan dijelaskan berikut ini :
1. Manfaat praktis
Manfaat praktis dari penelitian ini, diharapkan dapat berguna sebagai sumbangan pemikiran serta informasi bagi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Barru khususnya SMAN 2 BARRU dalam menghadapi perkembangan teknologi yang membuat prestasi siswa semakin menurun.
2. Manfaat teori
Manfaat teori dari penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi yang dapat menunjang untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan sebagai bahan masukan bagi penelitian-penelitian yang akan datang mengenai perkembangan teknologi yang mempengaruhi prestasi siswa.


Contoh Skripsi “PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI SISWA”


Itu contoh skripsi “PENGARUH PERKEMBANGANTEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI SISWA”  yang sederhana, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang membuat skripsi di waktu ini.

0 Response to "Contoh Skripsi “PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI SISWA”"

Post a Comment